Senin, 25 Oktober 2010

BASIC VALUE

“Apa Yang membuat Komunitas TDA dalam waktu singkat menjadi sedemikian besarnya” Tanya founder TDA Pak Rony kepada Pak Silih Agung Wasesa, saat peluncuran buku Pak Silih, berjudul PR Magic di London School beberapa waktu yang lalu. Menurut Pak Silih, salah satu yang menjadikan TDA menjadi besar adalah karena adanya nilai dasar (basic value) yang diyakini bersama oleh anggota TDA, yaitu semangat untuk berbagi apaun tentang wirausaha kepada siapapun. Semangat berbagi tersebut kemudian menjadi alasan bagi banyak orang bergabung dengan TDA, baik mereka yang hanya sekedar ingin mendapatkan ilmu saja tanpa mau berbagi, maupun mereka yang benar-benar mau berbagi baik lewat tulisan, peluang usaha maupun yang lainnya.

Yang lebih unik lagi di TDA dalam urusan membagi ilmu adalah kadang kala ilmu tersebut justru dibagikan kepada orang yang mempunyai core bisnis yang sama dengan yang memberikan, yang seharusnya menurut ilmu ekonomi modern (kapitalis) harusnya menjadi pesaing kita dan kita harus menutup rapat informasi sekecil apapun kepada pesaing kita tersebut. Semangat berbagi kepada sesama, itulah salah satu nilai dasar Komunitas TDA, yang menjadi kelebihan dibandingkan dengan komunitas wirausaha lainnya.

Nilai dasar atau alasan yang mendasari kita dalam melakukan sesuatu atau niat sangat penting dalam kegiatan sehari-hari termasuk dalam menjalankan usaha kita. Mengapa?? Menurut saya ada beberapa alasan yang dapat kita jadikan bahan pemikiran agar kita mempunyai nilai dasar ataupun niat dalam setiap melakukan tindakan

Yang pertama adalah menjadi batu pijakan langkah awal saat kita akan memulai sesuatu usaha. Minimal jika langkan awal kita sudah tergambar dengan jelas, maka untuk langkah-langkah selanjutnya akan lebih mudah dan terarah. Usaha merupakan suatu perjalanan yang panjang, untuk itu langkah awal merupakan sesuatu yang sangat perlu, jika kita saat pertama melangkah sudah tidak tahu akan kemana, maka akan merepotkan kita untuk melakukan pengembangan usaha.

Yang kedua adalah menjadi parameter atau tolak ukur bagi setiap langkah atau tindakan yang kita ambil. ini juga akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan ataupun target usaha kita. Kita dapat melihat dan mengevaluasi apakah usaha kita telah berjalan sesuai dengan nilai dasar saat kita memulai usaha ataukah justru melenceng jauh dari nilai dasar tersebut.

Yang ketiga adalah menjadi corporate culture usaha kita.  Corporate culture menurut saya sangat penting, karena dapat menggambarkan identitas dari sebuah perusahaan dan juga menjadi pedoman perilaku yang baku bagi setiap orang yang ada didalamnya, tidak perduli karyawan maupun pemilik perusahaan tersebut.

Jadi bagaimana dengan usaha anda???
Semoga bermanfaat.  

Tidak ada komentar: